from BTemplates!

.CARA MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG


1.CARA MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG

1. Berikan gambar pada tiap masing-masing posting di blog

Gambar memberikan kesan tersendiri pada ilustrasi sebuah posting di blog. Selain itu, gambar cukup mudah untuk masuk kepada indeks pencarian google. Terutama pencarian khusus pada sebuah gambar tertentu. Dalam blog yang saya buat ini, pengunjung blog yang berasal dari pencarian gambar mencapai lebih dari 30% (hingga saat ini). Hal tersebut berarti bahwa gambar memberikan peran yang signifikan terhadap tingkat popularitas sebuah blog

Catatan: Jangan lupa untuk memberikan nama gambar yang mudah dicari. Jika nama gambar aslinya cukup susah atau tidak teratur, lakukan rename terhadap nama gambar sebelum menguploadnya ke dalam blog. Misalkan, anda akan membuat posting dengan judul Pariwisata Indonesia. Maka Gambar-gambar yang ada di dalamnya juga harus diberi nama sesuai dengan judul posting tersebut. Misal: Lambang Indonesia, Peta Indonesia, dan Berita Indonesia.


2. Tinggalkan alamat blog anda ketika anda melakukan komentar terhadap blog lain

Sering mengunjungi blog lain adalah hal yang berguna. Pertama, kita dapat belajar bagaimana cara penulisan orang lain ketika mengisi posting di sebuah blog. Kedua, kita dapat menambah berbagai macam pengetahuan yang mungkin belum atau tidak kita dapat. Ketiga, kita dapat bertukar informasi lewat komentar-komentar yang ada di blog. Keempat, kita dapat meningkatkan rating blog kita dengan meninggalkan alamat pada komentar-komentar mereka. Ini penting, karena orang yang berkunjung atau setidaknya pemilik blog akan tahu bahwa kita mempunyai alamat blog dan sesekali akan mengunjunginya.

Alamat yang ditinggalkan pada komentar blog orang lain dapat berupa alamat blog secara utuh maupun alamat blog pada posting tertentu yang berhubungan dengan komentar anda. Biasanya yang kedua itu lebih sopan daripada meninggalkan alamat blog utuh yang tidak mempunyai tujuan.


3. Berikan beberapa sumber referensi dari blog atau web lain (pada posting yang anda ambil dari tempat lain)

Jika anda mengambil artikel dari tempat lain, maka ada baiknya jika anda memberikan referensi tempat dimana artikel tersebut diambil. Hal tersebut mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, hal tersebut merupakan bentuk sopan santun dalam pengkopian sebuah hasil pemikiran. Kedua, referensi tersebut akan meningkatkan rating blog anda (setidaknya dalam penilaian alexa.com) atau jika didalam manajemen sebuah blog, beberapa manajemen blog akan menunjukan referensi tempat di mana ia sering diakases. Hal tersebut akan mencatat dari mana blog mereka akan diakses dan jika itu berasal dari blog kita. Maka blog kita akan memeperoleh keuntungan juga dari situ.

4. Buatlah artikel yang orisinil dan menarik

Jangan membuat blog dengan artikel aneh-aneh yang kita sendiri tidak tahu maksud dan tujuannya. Buatlah blog dengan artikel yang simpel, namun kita dapat melakukan manajemen dan pengembangannya secara berkala dan teratur. Sebagai contoh : kita dapat membuat blog sebagai buku harian kita atau membuat blog untuk menuangkan uneg-uneg dan pemikiran kita yang selama ini terpendam. Kita juga dapat menuangkan ide-ide yang aneh dan jika beruntung, akan ada orang yang menanggapinya dan kita dapat berdiskusi di dalamnya.

5. Buatlah artikel secara teratur

Blog dibuat untuk diisi dan diisi secara teratur, bukan untuk dibuat dan diisi kemudian ditinggalkan. Lebih baik kita mengisinya setiap sebualan sekali daripada mengisinya 20 kali sebulan dan kemudian kita menginggalkannya untuk jangka waktu satu tahun. Hal itu akan memeberi kesan bahwa blog tersebut tidak aktif, dan search engine pun akan sulit untuk melakukan indeks terhadapnya.

6. Ada baiknya sesekali mempromosikan blog lewat jejaring sosial

Mempromosikan blog lewat jejaring sosial mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, jelas kita mempromosikan blog kepada orang-orang yang sudah kita kenal. Hal ini memberikan keuntungan setidaknya orang-orang tersebut tahu kita dan sering meninggalkan komentar pada blog kita. Hal tersebut tentu akan meramaikan suasana blog dan berujung pada peningkatan popularitas. Kedua, promosi lewat jejaring sosial akan lebih mudah dalam hal melakukan re-share oleh orang lain. Jika teman kita suka isi blog kita, biasanya dia juga akan membagikan alamat blog kita kepada orang lain dengan mengklik tombol share atau dengan beberapa langkah lain.

0 komentar:

Poskan Komentar